Rabu, 26 September 2012


ARTIKEL
MANAJEMEN PENDIDIKAN
Nama         :Sarwo Edy Nugroho
NIM           :5202411013
ROMBEL  :24

Sistem pendidikan di Indonesia belumlah berkualitas dibandingkan  dengan Negara lain,maka artikel ini membahas tentang manajemen pendidikan yang sesungguhnya bahwa pendidikan di Indonesia  memasuki tahun milenum  sudah dilakukan upaya perbaikan secara berkala tentang sitem pendidikan di Indonesia, yaitu adaya kurikulum  baru yaitu No 22 tahun 2006 yang berisi tentang standar isi(SI) yang mewajibkan peserta didiknya mengikuti seluruh mata  pelajaran dan beban studi yang telah ditetapkan untuk setiap tingkatan kelas,sesuai dengan struktur yang berlaku pada satuan pendidikan.
Sistem pendidikan dapat dikatakan berkualitas apabila proses KBM(Kegiatan Belajar Mengajar) dapat berlangsung secara menarik dan menyenangkan sehingga peserta didik semangat dalam mecari ilmu.Dan tidak lepas lagi dari para pendidik yang kreatif dalam menyampaikan materi yang kemudian mampu membuat suasana kelas lebih hidup.Proses pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan sebuah pendidikan yang berkualitas juga,sehingga perlu adanya program pelatihan mendidik oleh pendidik agar mampu mendidik peserta didik secara profesional,karena mutu pendidikan yang berkualitas dapat menghasilakan SDM yang mampu menguasai pengetahuan,ketrampilan,dan keahlian secara maju.
Upaya dalam mencapai kualitas pendidikan yang baik,maka diperlukan Manajemen Pendidikan yang mampu merubah sistem pendidikan sebelumnya.Diantara banyaknya manajemen pendidikan,adalah manajemen peserta didik yang isinya pengelolaan dan pelaksanaannya.Di dalam kenyataannya tingkat kecerdasan  pada peserta didik berbeda-beda, maka perlu diberikan pedidikan khusus  yang berbeda juga kepada peserta didik yang secara kecerdasannya berbeda.
Pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik yang diselenggarakan secara inklusif atau berupa satuan pendidikan khusus pada tingkat pedidikan SD dan SMP.Sehingga pada akhirnya manajemen peserta didik sangatlah penting untuk diperhatikan.
Dan ini merupakan tantangan bagi sistem pendidikan kita untuk dapan mendidik serta mengembangkan secara optimal pengetahuan,ketrampilan,dan keahlian setiap peserta didik,sehingga dapat menciptakan SDA yang berkualitas sebagai kemajuan pembangunan masyarakat dan negara.Dan kurikulum yang terbaru ini diharapkan dapat diterapkan secara terpadu dan berkesinambunganpada seluruh sekolah di indonesia.Dengan demikian diharapkan nantinya akan dihasilkan sisitem pendidikan yang baik pada sekolah.